Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Perihal Aqiqah

Untuk memperingati hadirnya si kecil di tengah-tengah keluarga, sekalian bentuk syukur pada Tuhan, tiap-tiap muslim disarankan untuk mengerjakan aqiqah atau memotong hewan ternak. Sesudah pemotongan, berikutnya daging akan diolah serta dibagikan terhadap warga sekitar maupun saudara. Sudah banyak hadis sahih perihal aqiqah ini.

Mengapa kita harus mengetahui hadis sahih seputar aqiqah? Hal ini dikarenakan banyak prosesi yang dijalankan hanya menurut adat yang cenderung memberatkan. Dengan memahami dalil-dalilnya, kamu akan dapat membedakan mana yang prosesi mesti maupun disunahkan agama serta mana yang regulasi adat, sehingga dapat lebih bijak menjalankan suatu acara, termasuk aqiqah. Simak pula info seputar akikah tangerang disini.

Sejarah Aqiqah
Aqiqah sejatinya bermula dari zaman jahiliah. Ya, pada masa sebelum Muhammad diangkat jadi nabi, telah ada prosesi "aqiqah", tapi pengerjaannya berbeda dengan yang ada dikala ini. Aqiqah di masa jahiliah dilaksanakan dengan metode menyembelih hewan ternak berupa kambing, berikutnya darah ternak hal yang demikian dilumurkan ke kepala bayi.

Waktu Pengerjaan Aqiqah dalam Islam
Prosesi yang hukumnya sunah muakkadah ini paling ideal dijalankan pada hari ketujuh sesudah lahirnya bayi. Apabila belum siap serta tak mampu melaksanakan saat bayi menginjak tujuh hari, Anda bahkan bisa menjalankan pada hari ke-14, 21, atau dianjurkan sebelum anak masuk masa baligh.

Jumlah Kambing Aqiqah
Poin ini sudah amat terang. Jadi kambing untuk aqiqah bayi lelaki adalah 2 ekor. Sementara anak perempuan cukup satu ekor kambing. Tak cuma memotong hewan ternak, prosesi aqiqah dilanjutkan dengan mencukur rambut bayi serta memberikan nama terbaik. Nama yang yakni cermin keinginan serta doa orang tua. Kemudian membagikan sajian aqiqah terhadap masyarakat sekitar.

Mengenal hadis sahih perihal aqiqah membikin Anda tahu batasan-batasan pelaksanaan prosesi ini berdasarkan Islam. Dengan demikian, kamu bahkan tak perlu mengadakan acara di luar ketentuan agama yang cuma membuang uang, kekuatan, serta waktu. Lebih baik alihkan dana untuk disedekahkan, alih-alih menambahi aqiqah dengan acara yang tak cocok.